Pembelajaran Teknologi Informasi di Sekolah Dasar (SD)

Pembelajaran Teknologi Informasi di Sekolah Dasar (SD)

Teknologi Informasi tentang Pembelajaran di Sekolah Dasar




  Teknologi informasi saat ini berkembang pesat dan nyaris disusun sektor pada guru di sekolah dasar terutama guru yang mengajar berkaitan dengan pemanfaatan teknologi, yaitu guru mata pelajaran komputer tidak hanya dituntut mengajarkan cara menggunakan perangkat dan aplikasi komputer tetapi juga dituntut untuk memberikan pemahaman, attitude dan etika-etika dalam pemanfaatan perangkat dan aplikasi yang benar sesuai dengan fungsinya kepada anak didiknya. Cara mengenalkan teknologi informasi kepada anak usia SD bisa dengan menggunakan komputer untuk menunjang pembelajaran atau minimal anak-akan senang membuat bentuk dan warna  yang menarik secara digital. Untuk itu seorang guru harus paham dengan manfaat dan mudarat perangkat teknologi yang akan dikenalkan. Peran teknologi informasi bagi prmbelajaran sangat banyak, salah satunya membuat proses pembelajaran lebih efektif dan efisien serta membantu peserta didik terutama anak SD melepas jenuh dari sela-sela proses pembelajarannya.


  Dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai inovasi yang dilakukan seorang guru, dapat diyakini proses pembelajaran akan lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Apalagi pada periode ini siswa masih sangat tergantung paa benda-benda nyata/konkret pada saat proses pembelajarannya. Dapat diketahui bahwa siswa usia sekolah dasar berada pada periode operasional konkrit. Guru kelas sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan siswa  punya peran penting dalam penginterogasian teknologi informasi karena informasi menjadi contoh langsung atau role model penggunaan perangkat teknologi informasi di sekolah apalagi bagi siswa Sekolah Dasar.

Komentar